PERSIAPAN MENJELANG ASESMEN NASIONAL 2021
Asesmen Nasional terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar

By Dina Martha Tiraswati 26 Jul 2021, 07:19:23 WIB Pendidikan
PERSIAPAN MENJELANG ASESMEN NASIONAL 2021

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. AKM diikuti oleh peserta didik, dengan tujuan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif. Survei Karakter diikuti oleh peserta didik dan guru, untuk mengukur sikap, kebiasaan, nilai -nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif. Survei Lingkungan Belajar diikuti oleh kepala satuan Pendidikan, untuk mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memutuskan untuk menunda pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) tahun 2021. Asesmen Nasional yang rencananya akan diselenggarakan mulai Maret 2021, diundur menjadi September s.d. Oktober 2021. Pada Maret-April 2021 Kemendikbud baru akan melaksanakan tahapan rapat koordinasi, sosialisasi dan pelaksanaan teknis persiapan AN. Selanjutnya pada April-Agustus 2021 akan dilakukan simulasi AN di satuan pendidikan. Kemudian pada September-Oktober barulah akan diselenggarakan Asesmen Nasional yang hasilnya akan diumumkan pada Desember 2021.

Asesmen Nasional akan tetap dilaksanakan tahun ini untuk mengetahui learning outcome dan seberapa besar gap loss yang terjadi akibat pandemi Covid-19. Menurutnya, kalau Asesmen Nasional tidak dilaksanakan tahun ini, data tersebut akan sulit diketahui.

Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/

Informasi selengkapnya dapat dilihat dalam tautan :

Kebijakan Asesmen Nasional: https://youtu.be/iwcC17qeFi4

Asesmen Nasional: https://youtu.be/qX42kfDBMoE

Asesmen Kompetensi Minimum: https://youtu.be/ukNxwCtGzZU

Kepesertaan AN: https://youtu.be/FejhWv-OTqk

Moda Pelaksanaan AN: https://youtu.be/rrmzIoNXq6M

Aplikasi UBKD: https://youtu.be/a8slDESmxP8

Latihan soal AKM : https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/

Dokumen tentang Asesmen Nasional dapat diunduh dalam tautan : https://www.tiraswati.net/download




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment