REKOMENDASI METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

By Dina Martha Tiraswati 31 Jul 2021, 07:25:18 WIB Pendidikan
REKOMENDASI METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Gambar : Sumber : https://www.instagram.com/ditjen.gtk.kemdikbud/


Pada Tahun Ajaran Baru 2021/2022 pembelajaran dilakukan sesuai dengan kondisi Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing wilayah, yaitu Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dalam pelaksanaan PTM Terbatas, kepala sekolah wajib memenuhi daftar periksa sesuai Surat Keputusan Bersama 4 Menteri dan aturan PPKM. Orang tua pun berhak memilih apakah siswa akan mengikuti PTM Terbatas dan PJJ.

Adapun rekomendasi metode PJJ seperti tertera pada Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi Covid-19 yaitu:

Pembelajaran mandiri (self paced): Pemberian video, bahan bacaan, atau sumber belajar lain yang dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta didik.

Tugas kontekstual (observasi, wawancara, dll.): Pemberian tugas yang terkait dengan persoalan, potensi dan narasumber yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal peserta didik.

Tugas kolaborasi (proyek, tugas kelompok, dll.): Pemberian tugas kepada sekelompok peserta didik untuk mengerjakan proyek atau tugas yang membutuhkan sebuah kolaborasi dalam penyelesaiannya.

Refleksi personal: Mengenali, menandai, dan menilai upaya dan capaian belajar yang telah dicapai untuk menentukan langkah perbaikan/ pengembangan selanjutnya. Refleksi dilakukan secara personal dengan pemberian pertanyaan reflektif yang diberikan guru kepada peserta didik.

Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi Covid-19 dapat Sahabat Guru dan Tenaga Kependidikan dapatkan pada laman: 

https://spab.kemdikbud.go.id/

https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/


Ayo, Sahabat Guru dan Tenaga Kependidikan, kita sambut Tahun Ajaran Baru 2021/2022 dengan aman dan nyaman!

 

Sumber : https://www.instagram.com/ditjen.gtk.kemdikbud/




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment