Ada 8 Kecerdasan Manusia dalam Psikologi dari Multiple Intelligences
Konsep multi Intelligences untuk mencari tahu minat dan bakat di dalam diri

By Dina Martha Tiraswati 14 Des 2022, 05:52:51 WIB Pendidikan
Ada 8 Kecerdasan Manusia dalam Psikologi dari Multiple Intelligences

Semua manusia pasti akan menggali dan mengenali setiap potensi kecerdasan yang dimilikinya, walau mungkin tidak banyak manusia yang mengetahui akan kecerdasan dalam psikologi. Sebab potensi diri dan kecerdasan dalam psikologi yang dimiliki oleh setiap manusia dapat diketahui dengan tepat. Kecerdasan dalam psikologi merupakan suatu kemampuan yang mencakup berbagai karakteristik, keahlian dan bakat dari setiap manusia.

Menurut psikolog Howard Gardner, kecerdasan manusia itu sebenarnya memiliki delapan tipe yang disebut Multiple Intelligences. Berikut 8 tipe Kecerdasan dalam psikologi, diantaranya:

LINGUISTIK : Tipe kecerdasan ini memiliki kecepatan dalam menguasai bahasa yang dapat mengungkapkan pendapat dengan tepat dan efektif secara lisan maupun tulisan. Tipe kecerdasan linguistik ini sangat cocok untuk jenis pekerja seperti penulis, penerjemah dan jurnalis.

LOGIKA – MATEMATIKA : Tipe kecerdasan ini memiliki kemampuan yang mahir dalam hitungan angka dan dapat menyelesaikan masalah secara rasional maupun logis. Tipe kecerdasan logika – matematika ini sangat cocok untuk jenis pekerja seperti akuntan, ilmuwan, analis dan keuangan.

VISUAL – SPASIAL : Tipe kecerdasan ini memiliki kemampuan berpikir dalam hal menggambar dan ruang. Tidak hanya itu tipe kecerdasan ini juga dapat memproyeksikannya ke dalam bentuk nyata. Tipe kecerdasan visual – spasial ini sangat cocok untuk jenis pekerja seperti arsitek, fotografer dan pelukis.

MUSIKAL : Tipe kecerdasan ini memiliki kepekaan yang tinggi terhadap nada, irama dan juga ritme musik. Yang mana dirinya mampu menciptakan komposisi dalam musik. Tipe kecerdasan musikal ini sangat cocok untuk jenis pekerja seperti penyanyi, komposer dan pianis.

KINESTETIK : Tipe kecerdasan ini memiliki kemampuan dalam mengkoordinasikan anggota tubuh dengan sangat baik. Yang mana dirinya dapat memanfaatkan semua bagian dari tubuhnya. Tipe kecerdasan kinestetik ini sangat cocok untuk jenis pekerja seperti atlet, penari dan instruktur senam.

NATURALIS : Tipe kecerdasan ini memiliki kemampuan dalam mengenali berbagai spesies hewan dan tumbuhan. Karena dirinya memiliki kepedulian terhadap pemeliharaan alam dan juga satwa. Tipe kecerdasan ini sangat cocok untuk jenis pekerja seperti pelestarian alam dan pecinta binatang.

INTERPERSONAL : Tipe kecerdasan ini memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, menjalin hubungan baik dengan orang lain dan dapat bekerja sama dengan orang lain. Tipe kecerdasan ini sangat cocok untuk jenis pekerja seperti sales dan diplomat.

INTERPERSONAL :Tipe kecerdasan ini memiliki kemampuan yang baik dalam memahami kepribadian yang berkaitan dengan kekuatan, kelemahan dan kondisi emosi diri. Tipe kecerdasan ini sangat cocok untuk jenis pekerja seperti konselor dan psikolog.

***

Sumber :

https://www.promilenial.com/gaya-hidup/pr-2505946129/yuk-ketahui-kecerdasan-manusia-dalam-psikologi-dari-multiple-intelligences




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment