ARAH KOMPETENSI GENERASI INDONESIA MENUJU 2045
Perumusan kebijakan dan penyelenggaraan pendidikan bagi generasi yang akan memasuki kehidupan pada era Indonesia Emas

By Dina Martha Tiraswati 04 Apr 2021, 10:13:58 WIB Pendidikan
ARAH KOMPETENSI  GENERASI INDONESIA  MENUJU 2045

Gambar : sumber BSNP


Dunia pendidikan harus mampu memberikan berbagai bekal kompetensi kepada peserta didik guna mempersiapkan generasi yang akan memasuki kehidupan pada era emas tersebut. Ragam kompetensi tersebut diperlukan guna menjawab berbagai tantangan sekaligus memanfaatkan berbagai peluang yang ada. Selain itu, agar generasi Indonesia mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan secara berkelanjutan, tanpa kehilangan jati diri sebagai pribadi yang memiliki jati diri dan nasionalisme yang tinggi, menghargai realitas keberagaman atau kemajemukan dalam kehidupan, dan karakter diri dan bangsa yang religius. Oleh karena itu rumusan arah kompetensi dalam buku ini dapat digunakan sebagai rujukan perumusan kebijakan dan penyelenggaraan pendidikan bagi generasi yang akan memasuki kehidupan pada era Indonesia Emas. Dengan memperhatikan tantangan, peluang sekaligus prospek Indonesia ke depan, ini merumuskan Arah Kompetensi Generasi Indonesia Menuju 2045. Arah kompetensi tersebut disusun melalui landasanlandasan: keberagamaan kehidupan, filosofis, pedagogis, yuridis, politis, dan sosiologis-kultural.

Buku ini terdiri dari tujuh bab. Pada bagian pendahuluan (Bab I), diuraikan latar belakang, tujuan, signifikansi, landasan, pengertian, ruang lingkup, dan cakupan arah kompetensi generasi Indonesia menuju 2045. Pada Bab II diuraikan tantangan 2045 yang dianalisis dalam berbagai aspek dan kondisi saat ini. Selanjutnya Bab III menguraikan arah kompetensi generasi Indonesia menuju 2045. Kemudian pada Bab IV menguraikan strategi transformasi pendidikan, yang dilanjutkan dengan rekomendasi pada Bab V. Akhirnya, Bab VI merupakan penutup dari buku . Keseluruhan isi buku ini memberikan gambaran secara terintegrasi mengenai arah pendidikan generasi Indonesia menuju 2045.

 

Link download Buku ARAH KOMPETENSI  GENERASI INDONESIA  MENUJU 2045  (disini)

Diterbitkan oleh:

Badan Standar Nasional Pendidikan Gedung D Lt.2 Mandikdasmen JL. RS Fatmawati, Cipete, RT.6/RW.5, Cipete Selatan Kota Jakarta Selatan 12410




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment