Kabar Gembira Buat Kepala Sekolah dan Siswa SMK! Program Terbaru Nadiem Ini Bakal Bikin Para Lulusan

By Dina Martha Tiraswati 18 Mar 2021, 12:39:33 WIB Pendidikan
Kabar Gembira Buat Kepala Sekolah dan Siswa SMK! Program Terbaru Nadiem Ini Bakal Bikin Para Lulusan

Kabar Gembira Buat Kepala Sekolah dan Siswa SMK! Program Terbaru Nadiem Ini Bakal Bikin Para Lulusan SMK 'Happy' ????

Nadiem Makarim mengungkapkan saat ini SMK di Indonesia masih kesulitan menjawab kebutuhan dari dunia kerja. Hal ini menjadi tantangan bagi Pemerintah untuk menyiapkan lulusan SMK yang berkualitas.

"Kita harus jujur dengan tantangan yang kita hadapi. SMK masih sulit saat ini menjawab kebutuhan dunia kerja," ujar Nadiem 

Menurut Nadiem, ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas lulusan SMK. Tantangan tersebut adalah upaya memperbaiki kompetensi guru, kepala sekolah, pengawas di SMK.

"Ini masih sedikit. Mereka belum diberikan kesempatan yang cukup untuk meng-upgrade kemampuan-kemampuan kompetensi mereka dan belum mendapatkan dukungan yang baik," ucap Nadiem.

Sehingga, menurut Nadiem, dibutuhkan upaya yang komprehensif untuk memperbaiki kompetensi lulusan dari SMK. Maka dari itu, Nadiem Makarim memberikan solusi melalui enam dukungan Kemendikbud dalam mendukung SMK pada Program SMK Pusat Keunggulan, yaitu:

1??Penguatan sumber daya manusia SMK, yang mana kepala sekolah, pengawas sekolah dan guru akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan internal.

2??Pembelajaran kompetensi siap kerja dan berkarakter, yang mana penyelenggaraan pembelajaran berorientasi pada penguatan kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan sesuai dengan nilai Pancasila.

3??Penguatan belajar praktik peserta didik, yang mana akan diberikan hibah untuk peningkatan sarana dan prasarana.

4??Manajemen sekolah berbasis data, yang mana pendampingan pada sekolah dalam melaksanakan manajemen berbasis sekolah, termasuk perencanaan berdasarkan evaluasi data dan penggunaan platform digital.

5??Pendampingan oleh perguruan tinggi, yang mana perguruan tinggi membantu SMK dalam perencanaan dan pengelolaan program.

6??Sinergi pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk menciptakan dukungan penyelenggaraan SMK Pusat Keunggulan yang berkesinambungan.

Melalui program SMK Pusat Keunggulan, diharapkan menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja, serta menjadi rujukan atau pengimbas dalam peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Lulusan SMK diproyeksikan untuk bekerja, melanjutkan studi dan berwirausaha. SMK Pusat Keunggulan melibatkan 895 SMK dalam sejumlah sektor unggulan yakni ekonomi kreatif, pemesinan dan kontsruksi, hospitality, care services, maritim, pertanian, dan kerja sama luar negeri. 

Semoga ini bisa menjadi jawaban untuk SMK agar mampu terserap di dunia kerja dan industri.
Salam SMK Hebat!

Sumber :
https://www.industry.co.id/read/82308/kabar-gembira-buat-kepala-sekolah-dan-siswa-smk-program-smk-pusat-keunggulan-besutan-nadiem-ini-bakal-bikin-para-lulusannya-tidur-nyenyak

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment