KURIKULUM MERDEKA DAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR
Kemendikbudristek meluncurkan Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar

By Dina Martha Tiraswati 12 Feb 2022, 08:08:07 WIB Pendidikan
KURIKULUM MERDEKA DAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengembangkan kurikulum prototipe yang selanjutnya akan disebut Kurikulum Merdeka sebagai bagian penting upaya memulihkan pembelajaran dari krisis yang sudah lama dialami.

Selain kurikulum, untuk membantu mewujudkan perubahan sistemik, guru membutuhkan medium yang mudah diakses, sebagai alat untuk membantu mereka meningkatkan dan mengembangkan potensi. Menjawab kebutuhan guru tersebut, platform Merdeka Mengajar hadir sebagai sarana edukasi yang dapat membantu guru menjalankan perannya dalam mengajar, belajar, dan berkarier, untuk mewujudkan merdeka belajar.

Untuk mendukung pemulihan pembelajaran pascapandemi dan sebagai solusi memulihkan pembelajaran dan memperbaiki kualitas Pendidikan, Kemendikbudristek meluncurkan Merdeka Belajar Episode Kelima Belas: Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar pada Jumat, 11 Februari 2022.

Arah perubahan kurikulum yang termuat dalam Merdeka Belajar Episode 15 ini adalah struktur Kurikulum Merdeka lebih fleksibel, fokus pada materi yang esensial, dan memberikan keleluasan bagi guru untuk menggunakan berbagai perangkat ajar sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Penerapan Kurikulum Merdeka juga didukung oleh aplikasi khusus yang menyediakan berbagai referensi bagi guru untuk terus mengembangkan praktik mengajar secara mandiri dan berbagi praktik baik.

Kurikulum Merdeka bisa diterapkan oleh sekolah dan madrasah sebagai opsi dan secara bertahap. Tentunya kurikulum ini memerdekakan guru dalam mengembangkan pembelajaran yang lebih aktif dan menyenangkan untuk peserta didik. Dengan penerapan Kurikulum Merdeka, bisa mengakselerasi pemulihan pendidikan dan mendorong terwujudnya cita-cita Merdeka Belajar.

Merdeka mengajar merupakan salah satu platform teknologi yang disediakan untuk mendukung para guru agar dapat mengajar lebih baik, meningkatkan kompetensinya, dan berkembang secara karier.

Platform Merdeka Mengajar dapat diakses melalui: https://guru.kemdikbud.go.id

Untuk dapat login ke beberapa produk Platform Merdeka Mengajar harus menggunakan akun pembelajaran: Belajar.id

Platform Merdeka Mengajar merupakan platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk guru dalam mewujudkan Pelajar Pancasila. Melalui platform ini, para pendidik dapat melakukan tiga hal, yaitu mengajar, belajar, dan berkarya.

Untuk dapat mengaksesnya, guru menggunakan akun pembelajaran belajar.id melalui aplikasi di gawai Android dengan mengunduh aplikasi di Google Play Store atau akses melalui laman https://guru.kemdikbud.go.id./

Aplikasi Merdeka Mengajar merupakan superapp edukasi yang dirancang Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk membantu guru mengajar, mengembangkan diri, dan berkarya lebih baik lagi.

Panduan dan FAQ platform ini dapat dilihat melalui laman Ditjen GTK https://bit.ly/PanduanFAQPlatformMerdekaMengajar

Untuk bisa masuk ke platform Merdeka Mengajar menggunakan Akun Google dengan domain belajar.id (Akun Pembelajaran) atau madrasah.kemenag.go.id (Akun Madrasah).

Mari bergerak bersama untuk terus mengembangkan diri menuju pembelajaran yang merdeka!

 

Sumber :

https://www.instagram.com/kemdikbud.ri/?hl=en




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment