Melangkah Bersama APSI (Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia)
HUT APSI ke 19

By Dina Martha Tiraswati 14 Okt 2021, 12:11:57 WIB Pendidikan
Melangkah Bersama APSI (Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia)

Gambar : https://twb.nz/dirgahayuapsi


Pengawas Sekolah memiliki peran sebagai pengawal utama dalam proses peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Tantangan global dan revolusi industri 4.0 di era digital yang semakin kompleks menjadi pengawas sekolah.

Mengingatkan kembali pernyataan Bp. Agus Sukoco selaku Ketua Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI), bahwa ada tiga peran penting pengawas sekolah dalam kaitannya dengan era milenial.

  1. Pengwas sekolah sebagai seorang trainer. Dimana pengawas ini diharapkan terus melatih keterampilan sehingga bisa relevan dengan tuntutan perubahan yang nanti akan berguna untuk diterapkan pada pekerjaan mereka. Ini berarti Pengawas Sekolah harus terus menerus mengasah skill, baik kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak sebagai kemajuan di era digital, maupun keterampilan dalam perangkat keras. Diharapkan mereka ini melatih terus keterampilannya sehingga bisa relevel dengan tuntutan perubahan yang nanti juga akan diterapkan di pekerjaannya di sekolah-sekolah binaan mereka
  2. Pengawas Sekolah menjadi seorang coach. Sehingga para Pengawas Sekolah ini bisa melakukan pelatihan membina guru dan kepala sekolah, karena tantangan di era digital ini permasalahannya semakin kompleks. Maka dibutuhkan seorang pelatih yang bisa mendampingi guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya di kelas maupun di sekolah.
  3. Pengawas Sekolah sebagai mentor, seorang pengawas sekolah adalah seorang guru atau kepala sekolah yang berprestasi. Jadi dia mempunyai pengalaman dalam hal baik dalam hal kegiatan belajar mengajar maupun tata kelola sekolah, sehingga sangat diharapkan ketika seorang pengawas menjadi mentor maka dia bisa berbagi pengalaman serta praktik baik yang tentunya akan disesuaikan dengan kondisi perubahan yang ada.

Perana pengawas sekolah tersebut sesuai dengan visi misi APSI, yaitu mengembangkan pengawas-pengawas sekolah yang profesional, kreatif dan inovatif. Kegiatan untuk meningkatkan kompetensi Pengawas Sekolah sudah diselenggarakan oleh APSI Pusat, seperti Bimbingan Teknis, Forum Ilmiah, Webinar lainnya dengan tema yang sesuai informasi kekinian

Dengan perjalanan waktu yang tepat tanggal 14 Oktober 2021, adalah Hari Ulang Tahun APSI ke 19 Semoga menjadi wadah aspirasi Pengawas Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan ada harapan untuk PENGAWAS SEKOLAH INDONESIA agar dapat selalu membantu, berbagi ilmu menjadi bermanfaat untuk dunia pendidikan dan masyarakat, sehingga dapat membudayakan dalam berbagai kolaborasi membangun sinergi untuk bertransformasi  menjadi yang terdepan di era Merdeka Belajar.

Tetap semangat...

# APSI Bergerak

#APSI Tetap Jaya




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment