Pelatihan Guru Berdasarkan Pedagogi Abad 21 Pola Merdeka Belajar
Menyimak Webinar APSI Kekinian (104)

By Dina Martha Tiraswati 14 Des 2022, 21:23:36 WIB Pendidikan
Pelatihan Guru Berdasarkan Pedagogi Abad 21 Pola Merdeka Belajar

Pedagogi Abad 21 tidak terlepas dari kerangka Pendidikan Abad 21 yaitu pendidikan menjadi semakin penting untuk menjamin peserta  didik memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, keterampilan menggunakan teknologi dan media informasi, serta dapat bekerja, dan bertahan dengan menggunakan keterampilan untuk hidup (life skills).

Guru dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai, agar dapat memberi kemanfaatan pada peserta didiknya. Partnership for 21 Century Skills mengidentifikasi keterampilan abad ke-21 meliputi: (1) communication, (2) collaboration, (3) critical thinking and problem solving, dan (4) creativity and innovation. Empat keterampilan abad ke-21 tersebut sering diistilahkan dengan keterampilan 4C.

Pelatihan ini ditujukan bagi para Guru di seluruh Indonesia dalam rangka mengembangkan kompetensi pengajaran pedagogi di era saat ini, dengan pola MERDEKA belajar yang mempunyai makna yaitu :

M : Materi & Misi

E : Eksplorasi & Elaborasi

R : Refleksi & Rekoneksi

D : Data & Demonstrasi

E : Ekspresi & Evaluasi

K : Kolaborasi & Komunikasi

A : Anjuran & Aksi

Pelatihan dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan, dimana semua pertemuan bersifat Asyncronous (daring) yang membuat peserta aktif dan kreatif, kecuali pertemuan 6 (Syncronous). Pelatihan untuk guru ini melibatkan Dosen dan Ketua/Anggota BAN SM, yaitu sebagai pengembang program adalah Sumarna Surapranata, MS, PhD dan Dr. Sylvia P. Soetyantyo, Med yang juga sebagai reviewer, bersama Dr. Ir. Budi Susetyo, MSc dan Dr. Toni Toharudin, MSc. Dalam pelatihan ini menggunakan Platform Belajar Online Indonesia, yaitu QuBisa.

Demikian juga materi dari Ketua Umum APSI (Dr. Agus Sukoco, M.M) yang menjelaskan pembelajaran berdiferensiasi, dimana diperlukan perubahan mindset guru untuk mau menghadapi tantangan dan melakukan perubahan. Di APSI mempunyai prinsip 5 B yaitu Baca, Bantu, Bermanfaat, Budaya dan Berkarya dan melalui komunitas belajar dapat dimulai dengan mengikuti pelatihan guru bersama QuBisa, inilah kolaborasi yang bisa dilakukan bersama APSI.

Inilah kesempatan yang baik bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan diri dalam menyiapkan peserta didik yang sesuai kerangka pendidikan abad 21.

Materi selengkapnya dapat diunduh pada tautan : https://www.tiraswati.net/download

****




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment